Iklan

Sunday 30 December 2012

Panduan pengguna VPS


Panduan pengguna VPS

Selamat datang di MWN!
Terima kasih atas kepercayaan Anda memilih layanan hosting kami. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana mulai memakai akun VPS Anda.
(Untuk pemakai shared hosting, silakan lihat Panduan pengguna shared hosting).

Daftar isi

Mengelola VPS

Untuk mengelola VPS Anda, silakan login ke Masterkey lalu klik Plan Hosting. Klik ikon VPS untuk ke halaman Kelola VPS. Di halaman ini Anda bisa:
  • melihat keterangan alamat IP/RAM/disk/dsb dan status mesin (berjalan/pause/shutdown/dll);
  • melakukan pause/unpause, shutdown, start;

Mengisi VPS

VPS Anda adalah seperti komputer/server biasa, diisi sistem operasi (seperti Linux, FreeBSD, dsb) dan program-program yang disertakan di dalamnya.
Jika Anda memiliki pengetahuan teknis mengenai manajemen sistem operasi seperti Linux, dll, silakan mengikuti panduan dari sistem operasi yang bersangkutan untuk menginstal webserver (agar VPS Anda bisa menghosting website), FTP server (agar Anda dapat mengunggah berkas ke server VPS), dll.
Atau jika Anda belum/tidak memiliki pengetahuan teknis, Anda dapat menginstal (atau meminta kami menginstal) salah satu panel kontrol shared hosting agar VPS Anda berfungsi seperti server shared hosting pada umumnya dan memiliki antarmuka web untuk mengelola akun. Contoh panel kontrol shared hosting a.l. Spanel dan cPanel.

Tanya jawab

Bagaimana memasangkan sebuah domain dan website (mis: example.com) pada VPS saya?

Pertama-tama Anda perlu meregistrasikan dulu domainnya, entah di MWN atau di tempat lain.
Kedua, Anda mengarahkan domain ini ke IP server VPS. Bisa dengan membuat NS sendiri di VPS atau cukup dengan mengarahkan A record domain ke IP VPS Anda (IP VPS dapat dilihat di halaman kelola VPS). Jika membeli domain di tempat kami dan butuh bantuan membuat NS, harap hubungi kami.
Ketiga, (jika tanpa panel kontrol hosting) Anda memasang www.example.com di konfigurasi virtualhost webserver Anda, (atau jika memiliki panel kontrol hosting) tambahkan akun hosting baru untuk example.com dan panel kontrol akan menyiapkan konfigurasi website untuk example.com.

Bahan Bacaan dan Manual

Knowledge Base

Dokumentasi dan jawaban untuk masalah-masalah seputar hosting telah kami kumpulkan di Knowledge Base (KB) kami, yang bisa Anda akses di alamat: http://kb.masterweb.net . Usahakanlah untuk melihat KB kami karena banyak masalah umum yang telah kami sediakan solusi dan penjelasannya di sana.

Peraturan dan Persetujuan

Dengan berlangganan hosting di MWN, Anda terikat pada kontrak untuk mengikuti peraturan server kami. Ada tindakan-tindakan tertentu yang dilarang untuk dilakukan dan jika dilanggar akan berakibat akun Anda mungkin akan "didisable"/disuspend/diblokir untuk sementara atau seterusnya. Jadi pastikan Anda membaca peraturan kami: Peraturan dan Persetujuan.

Bantuan

Jika Anda butuh bantuan, silakan menggunakan cara-cara berikut:
  • Knowledge Base (KB), http://kb.masterweb.net/. Telah terdapat ratusan artikel dan tips seputar masalah umum yang sering dijumpai, dari hal teknis sampai detil produk/layanan kami. Silakan cari solusi masalah Anda dengan cepat di sini dulu.
  • Forum Komunitashttp://forums.masterweb.net/. Tempat staf kami dan para member lain bertukar informasi dan saling membantu. Silakan register dengan username/password bebas dan posting masalah Anda di sana.
  • Milis Komunitashttp://groups.yahoo.com/group/masterweb. Bila Anda lebih menyukai diskusi lewat email, silakan gunakan milis ini. Digunakan juga untuk saling berdiskusi dan memecahkan persoalan teknis.


sumber: http://kb.masterweb.net/beta/index.cgi/read/Panduan_pengguna_VPS

No comments:

Post a Comment